Jumat, 24 Juni 2011

Padi


aku dan padi
adalah satu kesatuan
yg tak terpisahkan

tapi itu dulu
dulu sekali...

saat kupandang matahari
aku selalu melihat padi
ya pasti aja krn rumahku menghadap ke timur
dan hamparan sawah ada di depan rumah

padi....
kuikuti alur kehidupannya
dari benih yg baru disemai...
bahkan sebelum benih disemai
yaitu persiapan tanah yg pas buat penyemaian benih

lalu saat tunas padi mulai cukup umur
utk dipindahkan
namanya "nandur"

caranya tanah disiapkan, dg cukup genangan air
lalu padi ditanam dg cara mundur kebelakang
(karena tdk ada mundur ke depan)

lalu dibersihkan rumput dan gulma
lalu bulir2 padi yg hijau tampak keluar
lalu berubah mjd kuning
lalu panen...lalu tanah disiapkan lagi
dan begitu seterusnya...

aku ikuti terus proses itu
sampai aku harus tercerabut dari kampung halamanku

dan di sini
aku lama tak melihat padi
kecuali saat pulang kampung naik kereta api

ah... padi....
kenapa tak kutanam saja ia di hatiku
agar aku bisa memiliki ilmu padi
semakin berisi semakin merunduk tak lupa diri

ah...padi....
terima kasih telah memberiku banyak arti

Tidak ada komentar: