Selasa, 28 Oktober 2008

Gadis Beseragam Putih Abu-abu

Suatu pagi aku pergi ke sebuah restoran cepat saji. Aku ingin membeli bekal buat Mas Azzam yang pagi ini ada acara study tour ke Waduk Jatiluhur dan Sentra Keramik Plered. Maklum anak pertama ini agak susah makan (apa? susah makan? hehehe...tidak sesuai dengan badannya yang tumbuh amat sangat subur), kecuali makan masakan rumah. Khawatir catering makan siang tidak cocok, meluncurlah aku restoran cepat saja yang menunya khas banget buat anak-anak, yaitu nasi, ayam, telor dan kentang goreng........

Setelah membayar, segera ku bergegas keluar dari ruangan karena khawatir bus rombongan sudah berangkat. Ketika melewati pintu samping, pandanganku tertumpu pada seorang perempuan yang asyik memainkan asap yang keluar dari bibirnya. Sejenak ku tertegun, dengan pandangan agak norak dan terkaget-kaget aku melihat tangan kanan gadis itu asyik memelintir sebatang rokok yang tengah menyala. Pandangannya kosong dan sikapnya cuek banget. Aku bertambah kaget ketika kutelusuri perempuan itu ternyata (mungkin) masih berstatus pelajar SMA. Hal itu terlihat dari pakaian yang dikenakannya, yaitu seragam putih abu-abu, sepatu kets dan sebuah tas sekolah. Amboi...

Rambut sebahunya yang dibiarkan tergerai tampak kusut. Wajahnya agak kuyu, entah apa yang ada dalam pikirannya... entah apa yang membuat ia sepagi ini (sekitar jam 07.15) malah asyik nongkrong di sini.... bukankah seharusnya ia duduk manis di ruang kelas sambil mengikuti pelajaran? Entahlah........

Aku bergegas dari kenorakanku.......... ups.... Mas Azzam sudah menanti bekal ini. Dalam perjalanan menuju sekolah anakku, bayangan gadis berambut tergerai, asyik memainkan asap rokok itu masih terbayang.

Terbersit sebuah tekad, semoga Allah memberi aku kesempatan menjadi seorang ibu yang baik bagi anak-anakku....... sehingga bila suatu saat mereka menemui masalah dan kebuntuan dalam kehidupannya, ada telinga yang sabar mendengar, ada tangan yang siap membelai dan ada hati yang selalu menerimanya penuh kasih, sehingga ia tak perlu merasa sendiri...dan melarikan diri dalam sepi tak bertepi..........

Tidak ada komentar: